Untuk Pertama Kalinya Presiden Jokowi Berkunjung ke Freeport


Jakarta-Untuk pertama kalinya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengunjungi PT Freeport Indonesia (PTFI) di tanah Papua.

PT Freeport yang berada di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua mendapat kunjungan dari Presiden Jokowi untuk pertama kalinya dengan didampingi oleh Ibu Iriana.

Sebuah tambang emas terbesar yang tengah dikelola oleh perusahaan luar negeri dan berada di wilayah Indonesia.

Kedatangannya di PT Freeport tersebut tak ayal membuat Jokowi terkejut, lantaran saat silaturahmi bersama para karyawan dari PT Freeport Indonesia lebih didominasi oleh warga pribumi.

Bahkan Jokowi mengutarakan jika sangkaannya karyawan PT Freeport lebih didominasi oleh warga negara asing.



Sebagaimana dikutip Bicara Berita dari kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden pada Kamis 1 September 2022.

"Saya pikir yang hadir malam ini bule semuanya. Ternyata yang banyak dari kita. Dan saya lihat juga yang banyak dari tanah Papua," ujar Jokowi.

Perlu diketahui kunjungan Presiden Jokowi merupakan kedua kalinya dalam sejarah dimana Presiden Indonesia menginjakkan kaki di PT Freeport.

Tambang emas tersebut sempat tidak diizikan untuk dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno tahun 1965.

Namun, saat pergantian presiden dimana Soekarno digantikan oleh Soeharto, Freeport mendapat jalan untuk melakukan penambangan.

Kini setelah 49 tahun berlalu, presiden Indonesia kembali menginjakkan kaki di tanah pertambangan Freeport, Papua.


Diketahui, Presiden Jokowi juga meresmikan teknologi terbaru yang diterapkan di tambang bawah tanah milik PT Freeport Indonesia yaitu 5G Underground Smart Mining. Teknologi ini memungkinkan aktivitas tambang bisa dikendalikan dari jarak jauh, sehingga meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas operasional perusahaan.

"Hari ini kita buktikan bahwa kita telah bergerak lebih maju dengan menerapkan 5G Smart Mining pertama di Asia Tenggara," kata Jokowi lokasi tambang Freeport di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis, 1 September 2022.

Teknologi ini adalah hasil kerja sama Freeport dan PT Telkomsel.

"Kita tidak boleh tertinggal dan harus mampu bersaing di segala sektor yang semakin terdigitalisasi," kata Jokowi.

Kepala negara mengaku gembira mendengar bahwa tambang bawah tanah yang sangat sulit medannya ini dapat dikendalikan dari jarak jauh Ia juga senang karena 99 persen dari total karyawan yang mengendalikan teknologi ini asli Indonesia, khususnya dari tanah Papua.

Jokowi menyebut aktivitas pertambangan di bawah tanah bisa dimonitor menggunakan kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan dengan teknologi 5G Underground Smart Mining ini. Hal itu membuat risiko kecelakaan kerja bisa diminimalisir.

Dia pun meyakini teknologi ini akan membuat Freeport Indonesia semakin diperhitungkan di tingkat global. Termasuk, menghasilkan semakin banyak sumber daya manusia di bidang pertambangan yang berkualitas di dunia dan berkontribusi besar bagi kemajuan industri pertambangan Indonesia 

Dia berharap sektor pertambangan lain segera menerapkan teknologi artificial intelligence (AI), internet of things (IOT), machine learning hingga big data dalam operasional di pertambangan. Jokowi menyebut intervensi teknologi dibutuhkan untuk memajukan sektor pertambangan.

"Seperti PT Freeport ini berada di daerah-daerah yang terpencil dan sulit terjangkau dengan tantangan geografis dan konektivitas yang tidak mudah," kata dia.

Peresmian teknologi 5G Underground Smart Mining ini merupakan bagian dari rangkaian kerja Presiden Jokowi ke Papua  sejak Rabu kemarin, 31 Agustus 2022. Jokowi sebelumnya sempat meresmikan sekolah sepak bola Papua Football Academy, membagikan Bansos BBM hingga memberikan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama