KSBSI Menyikapi Tragedy Ledakan Gas pada PT. Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS)

 


MBIndonesia.com, Jakarta - Di penghujung tahun ini, kembali kita dikejutkan oleh tragedi kemanusiaan yang menimpa buruh pada PT. Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) yang berada di Kawasan Morowali Industri Park (IMIP), di Morowali – Sulawesi Tengah.

Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) menyampaikan keprihatinan mendalam atas kejadian tersebut serta turut berduka cita terhadap korban yang meninggal dunia, semoga amal ibadanya diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa serta keluarganya diberikan kekuatan dan ketabahan. Bagi korban yang masih dirawat, semoga cepat mengalami pemulihan.

Kejadian ini adalah bukti kelalaian manajemen PT. ITSS dalam menerapkan pedoman Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di tempat kerja, sekaligus sebagai bukti ketidakseriusan pemerintah dalam melakukan pengawasan terhadap beroperasinya perusahaan tersebut yang telah mengabaikan dimensi khusus perlindungan K3 bagi buruh. Oleh karena itu sebagai organisasi buruh yang mengalami kehilangan anggota, yang berjuang untuk buruh dan sebagai organisasi humanitarian, KSBSI menyatakan sikap :

1. Mengecam keras manajemen pimpinan PT. ITSS yang mengabaikan perlindungan K3.

2.Menuntut Pemerintah Republik Indonesia bertindak tegas melakukan proses hukum terhadap manajemen PT. ITSS.

3.Menghentikan sementara operasional perusahaan PT. ITSS hingga semua proses hukum selesai dan manajemen perusahaan telah menyelesaikan semua kewajibannya.

4.Menuntut Pemerintah Republik Indonesia untuk meninjau kembali kehadiran pekerja asing yang bertentangan dengan perundang-undangan yang berlaku.

5.Menyerukan kepada seluruh buruh Indonesia untuk melakukan doa bersama terhadap para korban

(sumber;ksbsi.org)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama