Ganjar Kritik Istilah SGIE: Cari Agar Orang Lain Sulit Jawab



MBIndonesia.com, Jakarta - Cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka menyerang lawan dengan istilah perekonomian hingga singkatan-singkatan. Ganjar Pranowo menyebut pilihan kata tersebut dibuat agar lawan kesulitan menjawab.

"Ya nggak papa, orang namanya juga ingin mencari sesuatu yang barang kali orang lain akan kesulitan menjawab," kata Ganjar kepada di Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2023).

Ganjar tak masalah dengan istilah State of the Global Islamic Economy (SGIE) yang ditanyakan Gibran ke Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ataupun carbon capture storage yang ditanyakan kepada Mahfud Md. Namun kata Ganjar, lebih baik Gibran membahas hal yang lebih substantif.

Ganjar juga menyoroti cara pengejaan Gibran terhadap SGIE. Jika singkatan tersebut dieja dengan menggunakan bahasa Inggris, menurutnya, mungkin Cak Imin akan paham pertanyaan yang diajukan.

"Sebenarnya nggak apa-apa, tapi lebih bagus lagi hal yang substantif disampaikan. Kalau itu SGIE kalau mungkin membacanya pakai bahasa Inggris karena itu singkatan bahasa Inggris, Es Ji Ai I (ejaan Inggris) umpama gitu kan, orang akan mikir apa ya," ujarnya.

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan strategi debat Gibran yang demikian juga pernah dilakukan di debat capres-cawapres periode sebelumnya.

"Tapi dalam teknik debat, debat presiden sebelumnya juga pernah terjadi seperti itu he-he-he," imbuhnya.

Sebelumnya, SGIE atau State of the Global Islamic Economy sempat dibahas dalam debat cawapres pertama. Hal ini ditanyakan oleh cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka kepada cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Mulanya Gibran menyampaikan bahwa Cak Imin akan sangat mengerti mengenai permasalahan yang akan ditanyakan kepada dirinya. Dia bertanya kepada Cak Imin soal upaya menaikkan peringkat Indonesia di SGIE.

"Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE?" tanya Gibran dalam arena Debat Cawapres di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Cak Imin sempat mengaku tidak tahu, "Terus terang SGIE saya nggak paham, SGIE itu apa?".

Setelah Gibran menjelaskan soal SGIE, Cak Imin pun menjelaskan, ada beberapa hal yang menjadi solusi menaikkan SGIE di Indonesia. Namun dia hanya sempat menyebut satu poin saja sampai waktu habis.

(detik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama