Profil Dan Biodata Sandy Walsh, Pencetak Gol Semata Wayang Indonesia Vs Jepang



MBIndoneisa.com, Jakarta - Gol semata wayang Indonesia seakan menjadi pelipur lara usai dikalahkan Jepang lewat tiga gol, di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1) malam. Pencetak gol semata wayang itu adalah Sandy Walsh. Berikut profil dan biodata Sandy Walsh selengkapnya.

Walsh bernama lengkap Sandy Henny Walsh. Ia lahir di Brussel, Belgia, 28 tahun lalu. Tepatnya 14 Maret 1995. 

Mantan pemain Timnas muda Belanda ini kini dipercaya memperkuad skuad Tim Garuda. Ia resmi dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia pada 17 November 2022.

Karena Walsh masih punya hubungan darah dengan Indonesia. Ibunya adalah seorang keturunan Indonesia kelahiran Swiss yang dibesarkan di Belanda.

Sementara ayahnya adalah keturunan Irlandia kelahiran Inggris yang berasal dari keluarga Somalia-Afrika Selatan. 

Sehingga, selain memenuhi syarat untuk membela Timnas Indonesia, Walsh juga bisa memperkuat Timnas Belgia, Inggris, Irlandia dan Belanda.

Pria dengan tinggi 184 cm ini punya spesialiasi bek kanan. Sebelum membela Indonesia, Walsh pernah 18 kali memperkuat Timnas U-17 Belanda sejak tahun 2009-2012. 

Selama lima tahun di tim junior oranye itu, Walsh membukukan satu gol. Ia ikut serta mengantarkan Timnas U-17 Belanda itu menjadi pemenang di Kejuaraan U-17 Eropa UEFAdi Slovenia tahun 2012.

Karirnya di Timnas Belanda berlanjut di level U-19 dari tahun 2012-2014. Walsh tampil 10 kali memperkuat Timnas U-19 itu selama 2 tahun. Namun ia tidak membukukan gol sama sekali.

Baru kemudian ia dipinang memperkuat Timnas Indonesia sejak tahun 2023. Namanya kini bersinar, setelah berhasil membobol gawang Timnas Jepang di menit injury-time 90+1.

Gol Walsh tercipta lewat skema lemparan ke dalam Pratama Arhan yang salah diantisipasi oleh Minamino. Lalu bola yang bergulir ke belakang di mana Walsh berdiri langsung dieksekusi ke arah gawang dengan kaki kanan yang sukses dikonversi menjadi gol.

Gol semata wayang ini menjadi pelipur lara, setelah dua kali 45 menit gagal membobol gawang Jepang. Sementara Jepang sudah membukukan skor 3-0. Gol Walsh berhasil mengubah papan skor menjadi 3-1 di akhir pertandingan.

Dari laga Jepang Vs Indonesia ini, tim negeri Sakura berhasil mengunci tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2024 dengan status runner-up grup D.

Sementara Indonesia, sebetulnya juga masih terbuka peluang Indonesia ke babak 16 besar. Namun, sangat tergantung dari hasil dari Grup E dan Grup F yang digelar besok, Kamis (25/1).

Di grup E, Bahrain harus kalah dengan selisih gol yang cukup besar dari Yordania. Ini memungkinkan Timnas Indonesia naik ke atas Bahrain dan tiket 16 besar Piala Asia 2023 pun bisa dipastikan.

Jika Bahrain menang, duel antara Kirgistan kontra Oman di grup F jadi penentuan. Kirgistan dan Oman harus berakhir imbang, atau Kirgistan menang atas Oman, tetapi dengan skor tipis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama